Sabtu, 02 April 2016

MAKALAH 4 PILAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK


MAKALAH 
4 PILAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK


Disusun Oleh :

Lola Kartika L.Tobing                        143303040237
Maria Fransiska Sihombing             143303040220
Marita Diana Silaban                       143303040218
Ridho Hakim                                        143303040219
Sonya Patricia                                      143303040207







UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
FAKULTAS TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER
PRODI S1-SISTEM INFORMASI
TAHUN AJARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayah-Nya sehingga penulis dapat  menyelesaikan Makalah ini dengan tepat waktu. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Makalah  ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman visual II(VB.NET).Tak lupa penulis mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini, kepada Bapak Evta Indra,S.kom M.kom, yang telah membimbing dan mendukung dalam penyelesaian makalah ini.
Adapun judul makalah ini adalah “4 PILAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK”Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini, masih terdapat banyak kekurangan, baik dari segi penjabaran masalah maupun bahasa dan iramanya, atas segala kekurangan ini tegur sapa dan kritik saran penulis berharap agar terciptanya makalah yang sederhana ini menjadi sempurna.
                   


Medan, 22 Maret 2016


Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.. 2
DAFTAR ISI. 3
BAB I. 4
PENDAHULUAN.. 4
1.     Latar Belakang. 4
2.     Rumusan Masalah. 4
3.     Tujuan Penulis. 4
BAB II. 5
PEMBAHASAN.. 5
1.     SEJARAH OOP.. 5
2.     Pengertian Object Oriented Programming (OOP) 5
3.     4 Pilar Pemrograman Berorientasi Objek. 6
1.     Kelas Abstrak. 6
2.     Pewarisan (Inheritance) 7
3.     Pembungkusan (Encapsulation) 9
4.     Polimorfisme (Polymorphism) 9
BAB III. 13
PENUTUP.. 13
1.     Kesimpulan. 13
DAFTAR PUSTAKA.. 14

 
BAB I
PENDAHULUAN

1.       Latar Belakang
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pemograman visual II(VB.NET), serta memenuhi salah satu nilai di mata kuliah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan informasi bagi pembacanya, dan bermanfaat untuk materi yang akan kami bahas mengenai “4 Pilar Pemrograman BerOrientasi Objek ”.
Visual Basic merupakan bahasa yang Object-Based (komponen-komponen program dibuat dalam bentuk objek), sedangkan VB.NET adalah Object Oriented, hal ini berarti bahwa VB.NET merupakan bahasa yang benar-benar berorientasi object dengan mendukung empat pilar utama dari OOP yaitu Polymorphism, Inheritance, Abstraction dan Encapsulation.
Tujuan utama dari pengembangan pendekatan berorientasi objek (OOP) adalah untuk menghilangkan beberapa kelemahan yang terdapat pada pendekatan procedural. Pada OOP data diperlakukan sebagai elemen yang penting dan tidak boleh mengalir secara bebas dalam program. Data yang terikat kepada function dan harus dilindungi terhadap kemungkinan perubahan dari luar function.

2.         Rumusan Masalah
1.    Bagaimana Sejarah OOP?
2.    Apa pengertian OOP?
3.    Apa saja yang termasuk 4 Pilar Pemrograman Berorientasi Objek ?

3.         Tujuan Penulis
Adapun tujuan dan aksud penulisan dalam makalah ini adalah :
1.    Untuk mengetahui Definisi OOP
2.    Untuk mengetahui Sejarah OOP 
3.    Untuk mengetahui penjelasan dari 4 Pilar Pemograman Berorientasi Objek


BAB III
PENUTUP

1.         Kesimpulan
Visual Basic merupakan bahasa yang Object-Based (komponen-komponen program dibuat dalam bentuk objek), sedangkan VB.NET adalah Object Oriented, hal ini berarti bahwa VB.NET merupakan bahasa yang benar-benar berorientasi object dengan mendukung empat pilar utama dari OOP yaitu Polymorphism, Inheritance, Abstraction dan Encapsulation.
Pemrograman berorientasi Objek yang dalam istilah Inggris disebut sebagai Object Oriented Programming (disingkat OOP) adalah salah satu pendekatan pemrograman atau paradigma untuk pengembangan / development suatu perangkat lunak komputer dimana dalam struktur perangkat lunak tersebut didasarkan kepada interaksi objek dalam penyelesaian suatu proses / tugas.



DOWNLOAD DISINI UNTUK DOKUMEN LENGKAP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar